Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka

 


Workshop IKM SMAN 1 SINTANG dipandu Narsumber Ibu Rita Rosanti,M.Pd Kepala SMAN 2 Kayan Hilir yang membahas Pelaksanaan P5. 

Workshop ini bertujuan agar guru-guru SMAN 1 Sintang dapat memacu diri dan memiliki pemahanan yang utuh terhadap IKM, serta meramu pembelajaran yang berpusat pada murid, seperti yang diharapkan Ki Hajar Dewantara yang menjelaskan bahwa tujuan pendidikan yaitu: menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat. 

Oleh karena itu, pendidik hanya dapat menuntun tumbuh atau hidupnya kekuatan kodrat yang ada pada anak-anak, agar dapat memperbaiki lakunya (bukan dasarnya) hidup dan tumbuhnya kekuatan kodrat anak. Disinilah peran pendidik sebagai sumber energi yang baik untuk anak-anak. Dalam konsep energi, setiap anak memiliki energinya masing-masing. Sehingga pendidik dapat mengubah bentuk energi tertentu menjadi energi lain yang lebih baik dan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka"