BIMBINGAN TEKNIS "Pengelolaan E-Kinerja Guru dan Perencanaan Aksi Nyata yang Berdampak Pada Murid"



Dalam rangka upaya meningkatkan kompetensi guru, Komunitas Belajar SMA Negeri 1 Sintang mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis dengan tema "Pengelolaan E-Kinerja Guru dan Perencangan Aksi Nyata yang Berdampak pada Murid" yang dilaksanakan secara daring dan luring pada tanggal 29-30 Januari 2024.

Kegiatan luring diikuti oleh dewan guru SMA Negeri 1 Sintang di sekolah, sedangkan daring melalui google meet dan youtube live streaming diikuti oleh guru-guru dari sekolah lain yang telah mendaftarkan diri pada Komunitas Belajar SMA Negeri 1 Sintang yang ada di Platform Merdeka Mengajar. Dengan jumlah peserta yang hadir pada kegiatan sebanyak 40 orang secara luring dan melalui daring total sekitar lebih kurang 669 orang.

Kegiatan bimtek yang dilakukan selama dua hari ini dihadiri oleh pengawas pembina SMA Negeri 1 Sintang, Bapak Heribertus, S.Pd.,M.Si. yang sekaligus membuka acara bimtek ini. Disamping itu beliau juga berkesempatan memberikan materi tentang Pengenalan Indikator E-kinerja Guru dan Penerapannya Dalam RHK melalui Paltform Merdeka Mengajar (PMM). Beliau berpesan kepada para peserta agar membuat perencanaan yang memungkinkan dan sanggup untuk dilaksanakan sebelum disetujui oleh kepala sekolah.

    



Selain pengawas pembina, materi juga diberikan oleh bapak Muhammad Iqbal Slamet, S.Pd.,Gr. yang merupakan duta teknologi kemdikbud. Beliau menyampaikan materi tentang Tips dan Trik Melaksanakan Rencana Hasil Kerja Secara Efektif dan Efisien. Pada sesi ini beliau juga membagikan bagaimana cara memenuhi rencana yang telah dibuat pada kegiatan yang harus diikuti serta dokumen apa yang mesti dikumpulkan sebagai perwujudan dari rencana kerja tersebut. 

Setelah sesi materi tentang Tips dan Trik Melaksanakan Rencana Hasil Kerja Secara Efektif dan Efisien selesai, sesi selanjutnya diisi oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sintang yakni bapak Hardianto, S.Pd., M.Pd. Beliau membahas tentang Peran Kepala Sekolah Dalam Observasi dan Realisasi RHK. Pada sesi ini, peserta bukan hanya sekedar menyimak namun langsung melakukan aksi untuk membuat pengajuan rencana kerja atau melakukan revisi dan penyesuaian untuk rencana kerja yang telah diusulkan sebelumnya.



Pada kegiatan bimtek ini para peserta tidak hanya disuguhkan pemahan tentang pengelolaan e-kinerja, namun juga dibekali dengan keterampilan menggunakan aplikasi Canva sebagai salah satu media dalam membuat aksi nyata. Materi tentang Pengenalan Aplikasi Canva ini disampaikan oleh bapak Achmad Satim, S.Sos.,M.AP yang juga merupakan seorang guru penggerak. Dengan aplikasi ini diharapkan dapat menambah kreativitas bapak-ibu guru dalam membuat aksi nyata maupun dalam pembuatan media pembelajaran yang tentunya akan memberikan dampak positif pada pembelajaran di kelas dengan harapan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik.




Kegiatan bimtek ini ditutup langsung oleh kepala sekolah, dan berharap ilmu yang dibagikan pada bimtek kali ini dapat berguna bagi bapak-ibu guru dan dapat diaplikasikan disekolahnya masing-masing



 





Posting Komentar untuk "BIMBINGAN TEKNIS "Pengelolaan E-Kinerja Guru dan Perencanaan Aksi Nyata yang Berdampak Pada Murid""